Penyebab Asma Pada Anak

Asma merupakan penyebab utama penyakit kronis pada anka-anak dan juga merupakan penyebab utama kedatangan anak-anak balita ke UGD. Asma bisa mengganggu kehidupan seorang anak, baik dalam hal pelajaran sekolah maupun kehidupan sosial yang menyebabkan anak-anak tidak bisa menikmati sekolah dan tidak bisa bermain. Anak-anak yang menderita asma sering merasa tidak bisa melakukan semua hal yang ingin mereka lakukan. Olahraga, aktivitas di luar rumah, pelajaran, menari, bermain alat musik tertentu, serta sekedar aktif dan bersenang-senang perlu dilakukan secara hati-hati.

Penyebab asma

- Sulit menetapkan hal-hal yang menimbulkan serangan asma dan para ahli masih terus melakukan penelitian tentang ini. Beberapa ahli menghubungkan kejadian asma dengan hal alergi. seperti juga penyakit kulti eksim dan penyakit asma juga merupakan penyakit keturunan.

- Teori lain menyatakan penyebab asma adalah pengaruh lingkungan. Yang merupakan risiko kehidupan modern. Misalnya asap rokok.

- Para ahli menyatakan penyebab asma adalah gabungan faktor keturunan, pengaruh lingkungan, pengaruh lingkungan dan pola kehidupan sehari-hari.

Para ahli menetapkan faktor pencetus serangan asma adalah perangandan dan reaksi berlebihan pada tubuh anak. Peradangan sering disebabkan oleh virus seperti influenza. Pada penderita asma, penyempitan saluran pernapasan merupakan respon terhadap rangsangan yang pada paru-paru normal tidak akan memengaruhi saluran pernapasan. Penyempitan ini dapat dipicu oleh berbagai rangsangan, seperti serbuk sari, debu, bulu binatang, asap, udara dingin dan olahraga.

Pada suatu serangan asma, otot polos dari bronki mengalami kejang dan jaringan yang melapisi saluran udara mengalami pembengkakan karena adanya peradangan (inflamasi) dan pelepasan lendir ke dalam saluran udara. Hal ini akan memperkecil diameter dari saluran udara (disebut bronkokonstriksi) dan penyempitan ini menyebabkan penderita harus berusaha sekuat tenaga supaya dapat bernapas.

Sel-sel tertentu di dalam saluran udara, terutama mastosit diduga bertanggungjawab terhadap awal mula terjadinya penyempitan ini. Mastosit di sepanjang bronki melepaskan bahan seperti histamin dan leukotrien yang menyebabkan terjadinya:

- Kontraksi otot polos
- Peningkatan pembentukan lendir
- Perpindahan sel darah putih tertentu ke bronki.

Mastosit mengeluarkan bahan tersebut sebagai respon terhadap sesuatu yang mereka kenal sebagai benda asing (alergen), seperti serbuk sari, debu halus yang terdapat di dalam rumah atau bulu binatang.

Tetapi asma juga bisa terjadi pada beberapa orang tanpa alergi tertentu. Reaksi yang sama terjadi jika orang tersebut melakukan olah raga atau berada dalam cuaca dingin. Stres dan kecemasan juga bisa memicu dilepaskannya histamin dan leukotrien.

Sel lainnya yakni eosinofil yang ditemukan di dalam saluran udara penderita asma melepaskan bahan lainnya (juga leukotrien), yang juga menyebabkan penyempitan saluran udara.

Asma juga dapat disebabkan oleh tingginya rasio plasma bilirubin sebagai akibat dari stres oksidatif yang dipicu oleh oksidan.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Asma Untuk Mengobati Penyakit Asma dan Gejalanya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Asma and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>