Penyebab Asma Alergi

Penyebab asma alergi merupakan suatu jenis asma dengan yang disebabkan oleh alergen (misalnya bulu binatang, debu, ketombe, tepung sari, makanan dll. Alergen yang paling umum adalah alergen yang perantaraan penyebarannya melalui udara (airborne) dan alergen yang muncul secara musiman (seasonal).

Pasien dengan asama alergik biasanya mempunyai riwayat penyakit alergi pada keluarga dan riwayat pengobatan ekzema atau rhinitis alergik. Paparan terhadap alergi akan mencetuskan serangan asma. Gejala asma umumnya dimulai saat anak-anak.


Alergi memberikan kontribusi yang sangat besar pada asma dan alergi-alergi ini tidak hanya mencakup sensitivitas terhadap serbuk sari dan kutu debu, tetpai juga pada jamur, makanan, dan bahan-bahan kimia.

Sebuah penelitian penting yang dimuat di dalam New England Journal of Medicine menemukan bahwa dari 13 orang anak yang meninggal akibat reaksi makanan yang fatal. 12 Orang ternyata menderita asma. Dr. Michael Kaliner, pemimpin divisi alergi dari National Institute of Health, telah menunjukkan bahwa alergi adalah penyebab mendasar yang paling umum dari asma.

Para ilmuwan sedang mempelajari senyawa-senyawa lain yang tampaknya ada dalam jumlah besar selama reaksi-reaksi alergik. Salah satu mediator kimia yang peling menarik adalah kinin. Bradykinin misalnya, terbukti merangang produksi lendir dan zat-zat kimia penyebab peradangan lainnya dan mereka ada di dalam jaringan yang meradang dari orang-orang yang memiliki alergi.

Penyebab asma dan alergi sebenarnya keadaannya bisa membaik bila sedikit memperhatikan hubungan penyakit asmanya dengan keadaan rumah. Walaupun memang penderita asma mempunyai penyebab atau pencetus dan besar kecilnya reaksi alergi berbeda-beda (penyakit heterogen).

Debu rumah tangga merupakan alergen (pencetus reaksi alergi penyebab asma) yang paling terkenal dari kelompok alergen yang mengundang reaksi hipersensitivitas tipe segera (Immediate Type Hypersensitivity).

Penyebab asma yang timbul karena alergi sebenarnya juga dapat diminimalisir dengan menjaga dan selalu memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar mulai dari tempat tinggal, tempat tidur. Bulu binatnag peliharaan juga dapat menyebabkan timbulnya asma. Oleh karena jaga selalu binatang peliharaan dengan baik mulai dari kebersihan akan kotoran serta bulu-bulunya. Cuci tangan sebelum dan sesudah memegang binatang peliharaan.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Asma Untuk Mengobati Penyakit Asma dan Gejalanya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Asma and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>